Hukum Menjawab Adzan Dari Radio

Pertanyaan:
Bagaimana hukumnya menjawab adzan dari radio, dan apakah adzannya radio sudah mencukupi sunatnya adzan di tempat itu?
Jawaban:
Hukum menjawabnya sunat, apabila suara adzan tersebut langsung dari mu`addzinnya, dan apabila dari kaset maka tidak sunat. Dan adzan tersebut tidak mencukupi untuk tempat itu.
Pengambilan ibarat:
·         Qurrotul Ain Fatawi Isma’il, hal. 169
·         I’anatut Tholibin, juz I, hal. 230-231
وفى قرة العين فى فتاوى الشيخ إسماعيل، ص 169، مانصه:
سؤال: هل يسن جواب الاذان من مكبر الصوت اذا كان المؤذن بعيدا عنه بحيث لايسمع اذانه الا بواسطة مكبر الصوت اولا، بينوا ذلك، الجواب: نعم يسن اجابة المؤذن المذكور والمكبر غاية ما فيه انه يقوى الصوت ويبلغه الى مدى بعيد هذا اذا كان الاذان منقولا بواسطة المكبر ان كان مؤذن يؤذن بالفعل اما اذا كان الاذان فى الشريط المسجل فلا تسن اجابته لانه حاك والحاكى لايحاكى والله اعلم. اهـ
Soal : apakah sunah menjawab adzan dari pengeras suara ketika muadzinya berada di tempat yang jauh sekiranya tidak bisa didengar adzan kecuali dengan perantara pengeras suara atau tidak, tolong jelaskan? Jawab : iya, di sunahkan menjawab meadzin yang disebutkan dan pengeras suara adalah alat yang menjadi solusi untuk menguatkan suara dan mendatangkannya ke tempat yang jauh. Hal ini ketika adzan tersebut dipindah dengan lantaran pengeras suara apabila muadzin beradzan dengan perbuatannya. Apabila adzan di dalam kaset yang distel, maka tidak sunah menjawabnya karena itu hanya hikayah(menceritakan). Dan orang yang menceritakan tidak perlu di ceritai. Wallahu a’lam
وفى إعانة الطالبين، ج 1 ص 230-231، مانصه:
يسن على الكفاية ويحصل بفعل البعض اذان واقامة لخبر الصحيحين اذا حضرت الصلاة فليؤذن لكم احدكم لذكر ولو صبيا ومنفردا وان سمع اذانا من غيره على المعتمد. (قوله: وان سمع اذانا من غيره) غاية ثانية لسنية الاذان فقط وكان المناسب ان يزيد بعد قوله اذانا واقامة لتكون الغاية لهما معا اى يسن الاذان لذكر ولو سمع اذانا من غيره لكن بشرط ان لا يكون مدعوا به فان كان مدعوا به بان سمعه من مكان واراد الصلاة فيه وصلى مع اهله بالفعل فلا يندب له الاذان حينئذ. اهـ

Disunahkan kifayah beradzan. Dan hasil adzan dan iqomah tersebut dengan perbuatan sebagian orang karena hadits shahih bukhari-muslim ketika datang waktu shalat maka beradzanlah salah satu dari kalian kepada kalian untuk mengingatkan meskipun anak kecil dan sendiri dan meskipun sudah mendengar adzan dari lainnya menurut qoul mu’tamad
Previous
Next Post »
Thanks for your comment