Uang. Ya demi uang otak kita begitu kreatif
mencetuskan ide-ide baru, namun sayang kreatifitas itu tidak di imbangi dengan
sadar taqwa yang kokoh sehingga kita selalu larut terhadap apa yang di tawarkan
kepada kita, dan kepekaan kita akan hukum syara’ perlahan-lahan luntur sehingga
cenderung menjadikan akal kita sebagai juri penentu baik buruknya sesuatu
bahkan yang lebih eronis lagi adalah halal haramnya sesuatu juga di tentukan
oleh akal sebagai contoh banyaknya di jual di trotoar-trotoar ataupun took-toko
berbagai macam boneka berbentuk gajah, teletubis dan lain-lain bentuknya, ada
yang utuh dan yang tidak utuh dikemas sebagai gantungan kunci – Bantal guling
atau mainan anak-anak.
a)
Bagaimana
hukum membuat, mencual, dan mengoleksi boneka-boneka tersebut ?
b)
Apa
batasan bentuk dan umur untuk di perbolehkannya boneka bagi anak perempuan ?
c)
Apabila
tidak di perbolehkan apa yang mesti kita lakukan atas boneka-boneka
yang terlanjur kita beli ?
Jawaban a :
1. Hukum membuat dan menjual haram, kecuali
untuk mainan anak perempuan dan ada tujuan mendidik dalam mengurus anak.
2. Hukum mengoleksi boneka yang tidak dibuat
mainan anak perempuan dan bertujuan mendidik haram, kecuali dalam bentuk yang
tidak di mungkinkan hidup.
Baca juga : Hukum Alat Musik dan Batasannya
Menjawab Adzan Dari Radio? Bolehkah?
·
Inarotut
Duja : 239
·
Fiqh Ala
Madzahibil Arba’ah : 2/40
·
Fiqhussunah
: 4/369
·
Fiqhussunah
: 3/370
·
Hasyiyyah
Baijury : 2/127-128.
وعباراتها :
كما في إنارة الدجى صحيفة 239 ما نصه :
ونقل الشيخ عبد الرحمن الزرقاني عن الخطاب أنه يستثنى من
التصوير المحرم تصوير لعبة على هيئة بنت صغيرة تلعب بها البنات الصغار فإنه جائز
ويجوز بيعها وشراؤها لتدريب البنات على تربية الأولاد انتهى. وفي اشتراط كون
اللعبة الجائزة للبنات الصغار ناقصة ومما لا يبقى وعدم اشتراط ذلك خلاف رجح بعضهم
الأول. اهـ.
Artinya : Syekh Abdurrahman al Zurqhoni
menukil dari al khattab bahwa dikecualikan dari gambar yang diharamkan adalah
gambar mainan sesuai dengan kondisi anak perempuan kecil yang bisa dibuat
mainan anak-anak perempuan kecil maka diperbolehkan. Diperbolehkan menjual dan
membelinya karena meningkatkan pendidikan atau daya fikir anak. Dan dalam
Disyaratkan pada mainan yang diperbolehkan tersebut adanya kekurangan(bukan
mainan yang berwujud binatang atau manusia yang sempurna) dan tidak tetap, dan
tidak adanya syarat masih terdapat perselisihan, namun pendapat yang unggul
menurut sebgaina ulama adalah pendapat pertama.
كما في الفقه على مذاهب الأربعة الجزء الثاني صحيفة 40 ما
نصه :
وأما القسم الثاني فإن فيه تفصيل المذاهب على أن المحرم
منه إنما حرم في نظر الشرع إذا كان لغرض فاسد كالتماثيل التي تصنع لتعبد من دون
الله وكذلك إذا ترتب عليها تشبه أو تذكر لشهوات فاسدة فإنها في هذه الحالة تكون
كبيرة من الكبائر فلا يحل عملها ولا بقاؤها ولا التفرج عليها. أما إذا كانت
لغرض صحيح كتعلم وتعليم فإنها تكون مباحة لا إثم فيها. ولهذا استثنى بعض
المذاهب لعب البنات العرائس الصغيرة الدمى فإن صبغها جائز وكذلك بيعها وشراؤها لأن
الغرض من ذلك إنما هو تدريب البنات الصغار على تربية الأولاد وهذا الغرض كاف في
إباحتها. اهـ.
Artinya : Adapun apabila terdapat
tujuan yang shahih seperti untuk pembelajaran maka diperbolehkan, tidak
berdosa.
كما في فقه السنة الجزء السادس صحيفة 369 ما نصه :
جاءت الأحاديث الصحيحة الصريحة بالنهي عن صناعة التماثيل
عن تصوير ما فيه روح سواء أكان إنسانا أو حيوانا أو طائرا، أما لا روح فيه
كالأشجار والأزهار ونحوها فإنه يجوز تصويره --- إلى أن قال --- ويستثنى من هذا لعب
الأطفال كالعرائس ونحوها فإنه يجوز صنعها وبيعها للأحاديث الأتية - عن عائشة قالت
كنت ألعب بالبنات فربما دخل علي رسول الله صلى الله عليه وسلم وعندي الجواري فإذا
دخل خرجن. اهـ.
Artinya : Terdapat beberapa hadits
shahih yang sharih mencegah membuat gambar yang menyerupai -yang bisa dimasuki
baik manusia maupun hewan atau burung. Adapun yang tidak bisa dimasuki ruh
seperti pohon, bunga dan lainnya maka diperbolehkan menggambarnya-sampai pada
ucapan- dan dikecualikan mainan anak-anak seperti pengantin-pengantinan dan
lainnya maka diperbolehkan membuat dan menjualnya karena terdapat beberapa
hadits yang menerangkannya- dari aisyah, ia berkata : saya bermain dengan anak
perempuan lainnya, maka terkadang rasulullah masuk dan disampingku ada beberapa
budak perempuan, maka ketika beliau masuk maka mereka keluar.
كما في فقه السنة الجزء الثالث صحيفة 370 ما نصه :
وكما يحرم صنع التماثيل والصور يحرم اقتناؤها ووضعها في
البيت ومن الواجب كسرها حتى لا تبقى على صورة التمثال. اهـ.
Artinya : Sebagaimana haram
membuat semisal dan gambar maka haram menyimpan dan meletakkannya di rumah.
Termasuk perkara yang wajib adalah memecahnya sehingga tidak seperti gambar
semisalnya.
كما في حاشية الباجوري الجزء الثاني صحيفة 127-128 ما
نصه :
(قوله كأن يكون الخ) وكأن يكون هناك
منكر --- إلى أن قال --- وكصور حيوان مرفوعة على هيئة لا تعيش بدونها كأن كانت على
سقف أو جدار أو ثياب ملبوسة ولو بالقوة أو وسادة منسوبة بخلاف صور غير الحيوان
كالأشجار والسفن والشمس والقمر أو صور حيوان غير مرفوعة بأن كانت على أرض أو بساط
يداس عليه أو على محاذ يتكأ. ومنه يعلم جواز التفرج على خيال الظل المعروف لأنها
شخوص مثقبة البطون --- إلى أن قال --- وهذا التفصيل في دوامه وجواز التفرج عليه
وأما أصل تصوير الحيوان فحرام مطلقا ولو على هيئة لا يعيش بها كأن كان بلا رأس
لخبر أشد الناس عذابا يوم القيامة المصورون نعم يستثنى لعب البنات لأن عائشة كانت
تلعب بها عنده صلى الله عليه وسلم وحكمة ذلك تعليمهن أمر التربية. اهـ.
Jawaban b :
Menurut jumhurul Ulama’ ; Batasannya
harus kecil dan berbentuk anak perempuan, namun ada sebagian Ulama’ yang
memperbolehkan dengan bentuk selain manusia.
Adapun Batasan umur adalah selama belum baligh, namun Ibnu
hajar Al Asqolany berpendapat masih tetap di perbolehkan meskipun sudah baligh
salama ada hajat mendidik.
Referensi :
·
Inarotudduja
: 239
·
Fathul Bari
: 10/543
·
Fiqhus
Sunnah : 3/329
·
Hasyiyah
Al Adawy : 2/424
·
Mausu’ah
Al-Fiqhiyyah
وعباراتها :
كما في إنارة الدجى صحيفة 239 ما نصه :
ونقل الشيخ عبد الرحمن الزرقاني عن الخطاب أنه يستثنى من
التصوير المحرم تصوير لعبة على هيئة بنت صغيرة تلعب بها البنات الصغار فإنه جائز
ويجوز بيعها وشراؤها لتدريب البنات على تربية الأولاد انتهى. وفي اشتراط كون
اللعبة الجائزة للبنات الصغار ناقصة ومما لا يبقى وعدم اشتراط ذلك خلاف رجح بعضهم
الأول. اهـ.
Artinya : Syekh Abdurrahman al Zurqhoni
menukil dari al Khattab bahwa dikecualikan dari gambar yang diharamkan adalah
gambar mainan sesuai dengan kondisi anak perempuan kecil yang bisa dibuat
mainan anak-anak perempuan kecil maka diperbolehkan. Diperbolehkan menjual dan
membelinya karena meningkatkan pendidikan atau daya fikir anak. Dan dalam
Disyaratkan pada mainan yang diperbolehkan tersebut adanya kekurangan(bukan
mainan yang berwujud binatang atau manusia yang sempurna) dan tidak tetap, dan
tidak adanya syarat masih terdapat perselisihan, namun pendapat yang unggul
menurut sebgaina ulama adalah pendapat pertama.
كما في فتح الباري الجزء العاشرة صحيفة 543 ما نصه :
وإنما أرخص لعائشة فيها لأنها إذ ذاك كانت غير بالغ.....
الخ. اهـ.
Artinya : Adanya dispensasi hukum
bagi ‘aisyah karena saat itu ia belum baligh.
كما في فقه السنة الجزء الثالث صحيفة 329 ما نصه :
وعنها أن النبي صلى الله عليه وسلم قدم عليها من غزوة
تبوك أو خيبر وفي سهوتها ستر ذهبت الريح فكشفتهعن بنات لعائشة لعب فقال ما هذا يا
عائشة قالت : بناتي ورائي بينهن فراش له جناحان من رقاع فقال ما هذا الذي عليه ؟
قالت جناحان أما سمعت أن لسليمان خيلا لها أجنحة ؟ قالت فضحك رسول الله صلى الله
عليه وسلم. اهـ.
كما في حاشية العدوي الجزء الثاني صحيفة 343 ما
نصه :
والناظر فيما قاله صاحب (الفتح) يترجح لديه جواز لعب
البنات الصغار باللعب التي على أشكال مختلفة لتدريب وتمرين البنات من صغرهن على
أمر بيوتهن وأولادهن --- إلى أن قال --- لأن بهن التدرب على حمل الأطفال
وحرم للكبار. اهـ.
Artinya : Karena dengan mainan
tersebut anak-anak bisa meningkatkan daya fikir itu ditangguhkan pada anak-anak
sedangkan haram bagi anak-anak besar.
كما في الموسوعة الفقهية الجزء الثاني عشرة صحيفة ما
نصه :
والمراد بصغار البنات من كان غير بالغ منهن --- إلى أن
قال --- وقال ابن حجر وفي الجزم فيه نظر لكنه محتمل لأن عائشة رضي الله عنها كانت
في غزوة خيبر بنت أربع عشرة وأما في غزوة تبوك فكانت قد بلغت قطعا فهذا يدل على أن
الترخيص ليس قاصرا على من دون البلوغ منهن بل يتعدى إلى مرحلة ما بعد البلوغ ما
دامت الحاجة قائمة لذلك. اهـ.
Artinya : Dikehendaki dari
anak-anak perempuan kecil adalah mereka yang belum baligh-sampai ucapan- dan
ibnu hajar berucap,”dan masih terdapat perdebatan mengenai kepastian tersebut,
melainkan masih ada kemungkinan karena siti aisyah ra. Pada saat perang khaibar
adalah gadis berumur empat belas tahun, sedangkan pada saat perang tabuk ia
sudah baligh, maka hal ini menunjukkan bahwa kemurahan tersebut bukan hanya
karena belum baligh akan tetapi juga sampai pada sesudah baligh selama masih
terdapat hajat.
Jawaban c :
Wajib merusaknya sampai bentuk yang di haramkan itu
hilang.
Referensi :
·
Fiqhussunah
Juz III Hal, 370,
·
Ithafu
Sadatil Muttaqin Jus 5 Hal, 429-430.
وعباراتها :
كما في فقه السنة الجزء الثالث صحيفة 370 ما نصه :
وكما يحرم صنع التماثيل والصور يحرم اقتناؤها ووضعها في
البيت ومن الواجب كسرها حتى لا تبقى على صورة التمثال. اهـ.
Artinya : Dan sebagaimana
diharamkan membuat gambar maka haram menyimpan dan meletakkannya di rumah, dan
termasuk perkara yang wajib adalah memecahnya sampai tidak tetap bentuk
penyerupaannya.
كما في اتحاف السادات المتقين الجزء السابع صحيفة 429-430
ما نصه :
ولا يجوز بيع العود والصنج والمزامير فإنه لا منفعة لها
شرعا وكذا بيع الصور المصنوعة من الطين كالحيوانات التي تباع في الأعيان
للعب الصبيان فإن كسرها واجب شرعا وأما الثياب والأطباق وعليها صور الحيوانات فيصح
بيعها وكذا الستور وقد قال رسول الله صلى الله وسلم لعائشة رضي الله عنها
اتخذي منها نمارق ولا يحوز استعمالها منصوبة ويجوز موضوعة وإذا جاز الانتفاع من
وجه صح البيع لذلك الوجه --- إلى أن قال --- وكذا بيع الصور المصنوعة من الطين
كالحيوانات التي تباع في الأعياد للعب الصبيان فإن كسرها واجب. اه
Artinya : Begitu juga tidak
diperbolehkan menjual boneka dari tanah yang berbentuk hewan yang
diperjual-belikan untuk mainan anak-anak, maka memecahnya adalah wajib menurut
syara’. Adapun pakaian-pakaian dan piring-piring yang terdapat gambar hewan
maka boleh menjualnya, begitu juga selambu.
2 Comments
Click here for Comments
ReplyBOLAVITA Situs Tangkas Online Android Terpercaya * Bandar Judi Bola Tangkas Online Terbaik * Agen Tangkas Uang Asli Terbesar Indonesia * Strategi Menang Besar Judi Tangkas Online
WA: +628122222995
BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT
JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014
BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT
ReplyJADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014
Prediksi Bola Terpercaya BolavitaSport . news yang menyediakan informasi lengkap seputar olahraga sepakbola serta prediksi dan tebak skor yang akurat.
Di hari Sabtu, 23 Februari 2019 jam 02:45 waktu indonesia barat akan di selenggarakan pertandingan laga Liga Premier League pada West Ham United Versus Fulham. Laga ini nanti akan di kerjakan di Stadion Olimpiade London.
Hubungi Customer Service Kami Untuk Info Lengkap (24 Jam ) :
• BBM: B O L A V I T A
• WeChat: B O L A V I T A
• WA: +62 8 1 2- 2 2 2 2 - 9 9 5
• Line : cs_b o l a v it a
ConversionConversion EmoticonEmoticon