Pertanyaan:
Bagaimana hukumnya menerima dan minta
bantuan uang atau material kepada orang kafir, untuk pembangunan masjid atau
musholla?
Jawaban:
Hukumnya boleh, dengan syarat:
a) Dalam menerima bantuan tersebut tidak ada
unsur menyayangi orang kafir, bahkan mengharapkan agar dia mau masuk Islam.
b) Dengan bantuan tersebut tidak menimbulkan
penghinaan kepada orang Islam, dan tidak menjadikannya di bawah kekuasaan orang
kafir.
c) Uang dan atau material yang diperbantukan
tadi tidak jelas dari hasil uang haram.
Pengambilan ibarat:
Ø Ihkamul Ahkam, juz III, hal. 235-236
Ø Al-Fiqhus Siroh, hal. 304
Ø Talkhishul Murod, hal. 196
وفى أحكام الأحكام، ج 3 ص 235-236، مانصه:
وردت احاديث تدل على جواز قبول هدايا
الكفار والاهداء لهم منها مارواه الامام احمد بن حنبل والترمذى وحسنه والبراز عن
على بن ابى طالب كرم الله وجهه قال: اهدى كسرى لرسول الله صلى الله عليه وسلم فقبل
منه واهدى له قصير فقبل واهدت له الملوك فقبل منها -إلى أن قال- ويعارض احاديث
الجواز مارواه ابو داود والترمذى وصححه والامام احمد بن حنبل عن عياض بن حمار انه
اهدى للنبى صلى الله عليه وسلم هدية او ناقة فقال النبى صلى الله عليه وسلم اسلمت
قال لا قال انى نهيت عن زبد المشركين (وقوله زبد المشركين) هو بفتح الزاء وسكون
الموحدة بعدها دال الرفد. قال الحافظ فى الفتح فجمع بينهما الطبرى بان الامتناع
فيما اهدى له خاصة والقبول فيما اهدى للمسلمين وفيه نظر -إلى أن قال- وجمع غيره
بالامتناع فى حق من يريد بهديته التودد والموالاة والقبول فى حق من يرجى بذلك
تأنيسه وتأليفه على الاسلام وهذا اقوى من الاول. اهـ
Terdapat beberapa hadits yang menjelaskan
diperbolehkannya menerima hadiah dari orang kafir dan memberikan kepada mereka.
Diantaranya hadits yang diriwayatkan oleh imam Ahmad bin Hambal dan turmudzi.
Dan dia dan baraz menganggapnya sebagai hadits hasan, dari Ali bin Abi
Thalib,"Nabi mendapat hadiah dari raja Romawi lalu beliau menerimanya.raja
Persia memberi hadiah lalu beliau menerima. Dan beberapa raja memberi hadiah
beliau juga menerimanya. -sampai ucapanbeliau- dan berlawanan dengan hadits
yang memperbolehkan yakni hadits yang diriwayatkan abu Dawud dan imam turmudzi
dan dishahihkan oleh Ahmad bin hambal, dari 'iyadl bin hammar bahwa nabi pernah
diberi hadiah atau unta, lalu rasulullah Saw. Berkata,"apakah engkau masuk
Islam?" Orang yang memberi berkata,"tidak," beliau
berkata,"Aku tidak menerima pemberian orang kafir." Imam hafidz
mengkorelasikan dalam kitabnya Fathul bari bahwa enggannya rasulullah ketika
orang tersebut mempunyai niat menarik dan mencuri hati beliau. Sedangkan beliau
menerima karena mengharapkan nyamannya hati si pemberi agar masuk Islam. Dan
ini lebih kuat.
وفى فقه السيرة للدكتور محمد سعيد رمضان
البوطى، ص 304، مانصه:
النوع الثانى الاستعانة ببعض مملكتهم
كالسلاح وانواع العدة ولا خلاف فى ان ذلك جائز بشرط ان لا يكون فيه خدش لكرامة
المسلمين وان لا ينسب عن ذلك دخول المسلمين تحت سلطان غيرهم. اهـ
Macam yang kedua adalah meminta tolong
dengan sebagian dari kerajaan mereka, seperti pedang dan peralatan-peralatan
lain. Tidak ada perdebatan akan diperbolehkannya hal tersebut dengan syarat
tidak ada tipu daya yang merugikan karena mulyanya umat islam, dan tidak ada
syarat masuknya orang Islam dibawah pemerintahan mereka.
وفى تلخيص المراد، ص 196، مانصه:
كتب الى آخر ورقة ولم يشرط عليه الجواب فى
ظاهرها كان هدية للمكتوب اليه فان كانت من اموال الظلمة والولاة فالورع عدم
الانتفاع بها واما من حيث الجواز فان علم انها من الحرام لم يجز استعمالها وان لم
يعلم فحكمها حكم معاملة من اكثر ماله حرام. والمنقول كراهتها ومجردة كراهتها
لايقتضى الاثم فى الآخرة مع عدم العلم. اه
ConversionConversion EmoticonEmoticon