Dzikir Saat Mengantar Mayit

Hasil Bahtsul Masail

Sudah menjadi kebiasaan dikalangan masyarakat pedesaan ketika memandikan mayyit dengan membacakan kalimat thoyyibah seperti halnya kalimat يا أرحم الراحمين ditempat pemandian.
Pertanyaan :
Bagaimana hukum membaca kalimat tersebut ?
Jawaban :
Hukum membaca kalimat tersebut bagi yang memandikan (ghosil) adalah makruh. Bagi yang tidak memandikan tidak apa-apa.
Reference :
·                Hawasy Al Madaniyah : I/127-128
·                Qurrotul ‘Ain Bi Fatawi Isma’il : 86
·                Al Adzkar : 140
وعباراتها :
كما في  هامش المدنية الجزء الأول صحيفة 127-128 ما نصه :
وأن لا يتكلم حال خروج الخارج بذكر ولا غيره لما صح من النهي عنه فيكره. (حال خروج الخارج) عبر شيخ الإسلام في شرح المنهج بحال قضاء الحاجة وكذلك الخطيب في الإقناع والجمال الرملي في النهاية وغيرهم قال في التحفة مع عدم خروج شيء فيكره بذكر أو قراءن فقط. اهـ. قال في الإيعاب بخلاف الكلام بغيرهما فإنه إنما يكره حال خروج الخارج لا قبله ولا بعده........................
Dan seharusnya tidak berbicara ketika keluar sesuatu yang keluar dengan dzikir maupun lainnya karena ada larangan yang shahih. Maka makruh ketika keluarnya sesuatu yang keluar. Syekh islam dalam syarkh minhaj mengibaratkan dengan ketika qhodlo al hajah ...

Bahtsul Masail Sujud Tilawah

Membaca Dzikir Ketika Mengiring Mayit ke Kuburan
Pertanyaan:
Lebih baik manakah antara membaca dzikir, dengan diam ketika mengiring jenazah (mayit)? Dan bagaimana hukumnya dzikir tersebut?
Jawaban:
Lebih baik diam yang disertai berfikir tentang masalah yang berkaitan dengan maut (mati). Sedangkan bila tidak disertai dengan berfikir di atas, maka lebih baik dzikir dengan pelan-pelan.
Adapun hukumnya dzikir tersebut bila keras hukumnya Makruh, dan bila pelan hukumnya Sunat.
Pengambilan ibarat:
·                Al-Qolyubi, juz I, hal. 347
وفى القليوبى وعميرة، ج 1 ص 347، مانصه:
(ويكره اللغظ فى الجنازة) وعبارة الروضة فى المشى معها والحديث فى أمور الدنيا بل المستحب الفكر فى الموت وما بعده وفناء الدنيا ونحو ذلك. وفى شرح المهذب عن قيس ابن عباد بضم العين وتخفيف الموحدة ان الصحابة رضى الله عنهم كانوا يكرهون رفع الصوت عند الجنائز وعن الحسن انهم كانوا يستحبون خفض الصوت عندها. (قوله ويكره اللغط) هو بسكون الغين المعجمة وفتحها الأصوات المرتفعة ويقال فيه لغاط بوزن كتاب وسواء كان بالقرأة أو الذكر أو الصلاة على النبى ( قال شيخنا الرملى ويندب القراءة والذكر سرا. اهـ
( Dan dimakruhkan ramai-ramai pada jenazah) dalam kitab raudlah di ungkapkan dengan ketika berjalan bersama janazah dan berbicara tentang urusan dunia, akan tetapi disunahkan berfikir tentang kematian dan hal yang terjadi sesudahnya dana rusaknya dunia dan lain sebagainya .... ........
 Syaikhuna imam romli berkata : dan disunahkan membaca Alquran dan dzikir dengan pelan
Previous
Next Post »
Thanks for your comment