Membawa Mayit ke Kuburan Dengan Bagian Kepala di Depan

Hasil Bahtsul Masail

Pertanyaan:
      Pada waku mayit digiring ke kuburan, kepala atau kakinyakah yang didahulukan (yang depan)? Dan bagaimana hukumnya?
Jawaban:
      Hukumnya Sunat membawa mayit ke kuburan dengan kepalanya di depan baik diiringi ke arah qiblat atau tidak.

Hasil bahtsul Masail Cipika-Cipiki

Pengambilan ibarat:
  • Mauhibah Dzawil Fadlol, juz III, hal. 429
وفى موهبة ذوى الفضل، ج 3 ص 429، مانصه
ويؤخذ من هذا كما قاله السيد عمر البصرى ان السنة فى وضع رأس الميت فى حال السير أن يكون إلى جهة الطريق سواء القبلة وغيرها فافهم. اهـ
Sebagaimana dikatakan oleh sayid umar al bashri bahwa kesunahan meletakan kepala mayit ketika berjalan hendaknya menghadapkan jalan baik arah kiblat maupun tidak
Adzan Setelah Memasukkan ke Liang Kubur
Pertanyaan
       Bagaimana hukum adzan setelah memasukkan mayit ke liang qubur?
Jawaban:
       Hukumnya boleh (tidak sunat) menurut qoul yang mu’tamad (qoul yang dapat dibuat pegangan).

Pengambilan ibarat:
·         As-Syarqowi, juz I , hal. 228
·         I'anatut Tholibin, juz I, hal. 230
·         Al-Fatawi Kubro, juz II, hal. 18
وفى الشرقاوى، ج 1 ص 228، مانصه
ولا يسن أى الأذان عند إدخال الميت القبر على المعتمد. اهـ
Dan tidak sunah adzan ketika memasukan mayit ke kubur menurut qoul mu’tamad
وفى إعانة الطالبين، ج 1 ص 230، مانصه
واعلم انه لا يسن الأذان عند دخول القبر خلافا لمن قال بسنيته قياسا بخروجه من الدنيا على دخوله فيها قال ابن حجر ورددته فى شرح العباب لكن إذا وافق انزاله القبر أذان خفف عنه فى السؤال. اهـ
Ketahuilah tidak disunahkan adzan ketika memasukannya ke kubur, berbeda pendapat orang yang mengatakan kesunahannya diqiyaskan ketika kesunahan ketika mayit keluar dari dunia(mati) atas masuknya(lahir)
وفى الفتاوى الكبرى، ج 2 ص 18، مانصه
(وسئل) نفع الله به باحكام الأذان والإقامة عند سد فتح اللحد(فأجاب) بقوله هو بدعة اذ لم يصح فيه شيء، وما نقل عن بعضهم فيه غير معول عليه ثم رأيت الاصبحى أفتى بما ذكرته فانه سئل هل ورد فيهما خبر عن ذلك فأجاب بقوله لا اعلم فى ذلك خبرا ولا أثرا إلا شيئا يحكى عن بعض المتأخرين انه قال لعله مقيس على استحباب الأذان والإقامة فى أذان المولود وكأنه يقول الولادة أول الخروج إلى الدنيا وهذا آخر الخروج منها وفيه ضعف فان مثل هذا لا يثبت إلا بتوفيق أعنى تخصيص الأذان والإقامة وإلا فذكر الله تعالى محبوب على كل حال إلا وقت قضاء الحاجة. اهـ


Previous
Next Post »
Thanks for your comment