Hasil Bahtsul Masail
Akhir-akhir ini dikalangan Pondok Pesantren sangatlah semarak sholawatan
yang diiringi dengan musik Banjari yang mana sholawat tersebut hasil karangan
kru atau grup Banjari tersebut.
Pertanyaan :
1.
Apakah devinisi sholawat yang dianjurkan oleh
Allah Swt. ?
2.
Termasuk sholawat yang mendapatkan pahalahkah
sholawat yang diiringi dengan terbang Banjari tersebut ?
Jawaban a :
1.
Sholawat yang
dianjurkan (sunnat) adalah lafadh-lafadh yang mengandung do’a bagi Rosul yang
berakar dari lafadh صلاة dan سلام atau yang وارد dari Rosul. Sedangkan yang غير وارد
hukumnya ada khilaf.
2.
Sholawat yang dianjurkan (wajib), seperti dalam
khuthbah adalah lafadh-lafadh khusus yang berakar dari lafadh صلاة.
Baca juga : Dalil dzikir fida
Hukum baca wirid tanpa guru
Reference :
·
Bughyatul Mustarsyidin : 83
·
Rawa’iul Bayan : II/294
·
Rawa’iul Bayan : II/295
·
Rauhul Ma’ani : VIII/22
·
Hasyiyah Al Qulyubi : I/8
·
Sulaiman Alal Jamal : I/16
·
I’anah At Tholibin : II/64-65
وعباراتها :
كما في
بغية المسترشدين صحيفة 83 ما نصه :
)فائدة) ورد أنه صلى الله عليه وسلم قال من
صلى علي في خمسين مرة صافحته يوم القيامة وذكر ابن المظفر أنه لو قال اللهم صل على
محمد خمسين مرة أجزأه إن شاء الله تعالى وإن كرر ذلك فهو أحسن. اهـ. قال ع ش ولم
يتعرض لصيغة الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم. وينبغي أن تحصل بأي صيغة كانت،
ومعلوم أن أفضل الصيغ الواردة اللهم صل أبدا أفضل صلواتك على سيدنا محمد عبدك
ونبيك ورسولك محمد وآله وصحبه وسلم تسليما كثيرا وزده شرفا وتكريما وانزله المنزل
المقرب عندك يوم القيامة. اهـ. جمل وقال ابن الهمام كل ما جاء في كيفية الصلاة
الواردة فهو موجود في هذا اللفظ المذكور ولكن التصلية التي استنبطها الشيخ ابن حجر
أعم وأفضل كما قاله ب. اهـ.
(Faedah) Telah
datang bahwa Rasulullah Saw. Pernah bersabda : barang siapa yang membaca
shalawat kepadaku lima puluh kali maka aku akan bersalaman dengannya pada hari
kiamat. Ibnu Mudzaffar menuturkan bahwa apabila seseorang berkata :
اللهم صل على محمد خمسين مرة
Artinya : Wahai Tuhanku, berilah rahmat kepada muhammad
lima puluh kali.
Maka insyaallah
sudah mencukupi. Dan apabila mengulang-ulangnya maka lebih baik.
Imam ‘Ali
Syibramalasi berkata : Tidak dijelaskan mengenai shighat shalawat kepada Nabi
Saw. Dan sebaiknya shalawat hasil dengan berbagai macam shighat. Dan sudah
dikatahui bahwa shighat yang terbaik yang terwarid adalah
اللهم صل أبدا أفضل صلواتك على سيدنا محمد عبدك ونبيك ورسولك محمد
وآله وصحبه وسلم تسليما كثيرا وزده شرفا وتكريما وانزله المنزل المقرب عندك يوم
القيامة
Ibnu Himam berkata :
Setiap tata cara shalawat yang terwarid ada dalam lafadz yang disebutkan di
atas. Namun shalawat hasil istinbat Imam Ibnu Hajar lebih umum dan lebih utama
sebagaimana dikatakan.
كما في
روائع البيان الجزء الثاني صحيفة 295 ما نصه :
الحكم الأول ما هي صيغة الصلاة والتسليم
عليه السلام ؟
صيغة الصلاة على النبي وردت فيها طرق كثيرة
من السنة النبوية المطهرة وقد ذكرت فيها صور مختلفة عن كيفية الصلاة عليه من
المؤمنين واختلافها يشعى بأن الغرض ليس تجديد كيفية خاصة وإنما هي ألوان من
التعظيم والثناء له عليه السلام وسنقتصر على بعض ما صح من هذه الكيفيات لأن
استعابها يطول. اهـ.
Artinya : Hukum awal
: Apakah shighat shalawat dan salam itu? Shighat shalawat kepada nabi terwarid
dengan banyak jalan dari sunah Nabi yang disucikan. Dan dituturkan dalam sunah
tersebut banyak contoh yang berbeda-beda mengenai tata cara bershalawat kepada Nabi
dari mukmin. Perbedaan, bahwa tujuan tujuannya bukanlah pembaruan tata cara
khusus. Hanya saja perbedaan tersebut hanya sebagai bentuk mengagungkan dan
memuji beliau Saw. Dan kami akan meringkas sebagian cara yang shahih karena
menjelaskan semuanya akan memakan banyak waktu.
كما في
روائع البيان الجزء الثاني صحيفة 295 ما نصه :
وما دام المراد تعظيم النبي فأي عبارة تكون
واردة من طريق صحيح كان لك أن تأخذ بها. اهـ.
Artinya : Selama
yang dimaksud adalah mengagungkan Nabi, maka setiap ibarat yang terwarid dari
jalan sah maka ambilah.
كما في
روح المعاني الجزء الثامنة صحيفة 22 ما نصه :
والظاهر أنه لا يحصل الامتثال باللهم عظم
محمد التعظيم اللائق ونحوه مما ليس فيه من الصلاة كصل وصلى فإنا لا نسمع أحدا عد
قائل ذلك مصليا عليه صلى الله عليه وسلم. اهـ.
كما
في حاشية القليوبي الجزء الأول صحيفة 8 ما
نصه
:
)قوله صلى الله عليه وسلم) الصلاة من الله
رحمة ومن الملائكة استغفار ومن غيرهما دعاء والمراد من الصلاة منهم كل لفظ فيه
دعاء كالرحمة والعفو والرضا ومعنى صلاتنا عليه السلام طلب الصلاة من الله عليه.
اهـ.
كما في
سليمان على الجمل الجزء الأول صحيفة 16 ما نصه :
والصلاة من الله رحمة ومن الملائكة استغفار
ومن الأدمي تضرع ودعاء (قوله ومن الأدمي تضرع ودعاء أيضا) أي بلفظ الصلاة ولا يجوز
لهم الدعاء له صلى الله عليه وسلم بلفظ الرحمة في غير الوارد بل يحرم كما قاله
الزركشي. والمعتمد الكراهة وذلك لما في لفظ الرحمة من الاستغفار باستحفاف العذاب
دون لفظ الصلاة. اهـ. ع ش بنوع تصرف.
كما في
إعانة الطالبين الجزء الثاني صحيفة 64-65 ما نصه :
وثانيها صلاة على النبي بلفظها كاللهم صل
أو صلى الله أو أصلي على محمد أو أحمد أو الرسول أو النبي أو الحاشر أو نحوه فلا
يكفي اللهم صل محمد وارحم محمدا صلى الله عليه وسلم بالضمير. اهـ.
Jawaban b :
2.
Ditafshil :
a)
Apabila diiringi dengan alat musik yang diperbolehkan,
maka mendapat pahala (sesuai dengan khilaf diatas) dan hukumnya boleh.
b)
Apabila diiringi dengan alat-alat musik yang
tidak diharamkan, maka menurut sebagian ulama’ (Imam Romli dan Imam Zarkasyi)
mendapat pahala, mengingat hukum asal sholawat adalah sunnat. Sedangkan
pemakaian alat-alat musik tersebut hukumnya haram.
Reference :
·
Al Jamal Alal Manhaj : V/36
·
Al Jamal : V/36
·
Madzahibul Arba’ah : II/24
·
Ihya’ Ulumuddin : II/270
وعباراتها :
كما
في الجمل على المنهج الجزء الخامس صحيفة
36 ما نصه
:
كغناء كسر الغين والمد بلا ألة واستماعه
فإنهما مكروهان لما فيه من اللهو أما مع الآلة فمحرمان وتعبيري بالاستماع هنا
وفيما يأتي أولى من تعبيره بالسماع.
Artinya : seperti
melagu-lagu -lafadz “غناء” dengan ghain yang dikasrah dan nun yang dibaca mad- dengan
tanpa alat dan mendengarnya maka keduanya(melagu dan mendengarkan) hukumnya
makruh karena di dalamnya ada unsur lahw(membuat lupa diri). Adapun bila
bersama dengan alat yang diharamkan maka keduanya haram .
)قوله كغناء) هو بالضبط المذكور رفع الصوت،
وأما بالقصر مع كسر العين فهو مقابلة الفقر وبفتح الغين والمد هو النفع ا هـ. ق ل
على المحلي، وأما العناء بفتح المهملة والمد فهو التعب والمشقة كما في المصباح
اهـ. (قوله : فإنهما مكروهان) أي ولو من أجنبية أو أمرد إلا إن خاف فتنة أو
نظرا محرما وإلا حرم، وليس من الغناء ما اعتيد عند محاولة عمل وحمل ثقيل كحدو
الأعراب لإبلهم وغناء النساء لتسكيت صغارهم فلا شك في جوازه قال الغزالي الغناء إن
قصد به ترويح القلب ليقوي على الطاعة فهو طاعة أو على المعصية فهو معصية أو لم
يقصد به شيء فهو لهو معفو عنه اهـ. ح ل (قوله أما مع الآلة فمحرمان) وهذا ما مشى
عليه الشارح والذي مشى عليه م ر في شرحه أن الغناء مكروه على ما هو عليه والآلة
محرمة وعبارته ومتى اقترن بالغناء آلة محرمة فالقياس كما قاله الزركشي تحريم الآلة
فقط وبقاء الغناء على الكراهة انتهت (قوله
لا حداء) ذكر النووي في مناسكه أنه مندوب ا هـ. ح ل (قوله ودف) وأول من سنه مضر جد
النبي صلى الله عليه وسلم ا هـ. ح ل وهو المسمى الآن بالطار ا هـ. ع ش على م ر.
Artinya : (ucapan
keduanya makruh) yakni dari wanita lain atau dari amrad kecuali apabila
dikhawatirkan terjadinya fitnah atau melihat hal yang haram maka hukumnya
haram. Dan tidak termasuk melagu-lagu adat yang ada yakni ketika berusaha keras
bekerja dan menanggung sesuatu yang berat seperti mendorongnya orang arab
kepada unta-unta mereka dan melagu-lagukannya perempuan untuk menenangkan anak
kecil maka tidak diragukan lagi kebolehannya. Imam ghazali berkata : lagu-lagu
yang dimaksudkan untuk menentramkan hati supaya semakin kuat melakukan taat
maka termasuk sebuah taat. Dan bila untuk maksiat maka termasuk sebuah maksiat.
Atau tidak dimaksudkan apapun maka hukumnya termasuk lahw yang dima’fu.
(ucapan adapun
disertai alat maka hukumnya haram) ini adalah pendapat orang mensyarahi kitab
dan Imam Ramli dalam syarhnya bahwa lagu-lagu hukumnya makruh sesuai dengan
kondisinya, dan alatnya haram. Ibaratnya : Dan apabila bersamaan dengan alat
yang diharamkan maka hukum qiyasnya sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Zarkasyi
yakni haram alatnya saja dan
lagu-lagunya hukumnya makruh.
(ucapan tidak untuk
memotivasi) Imam Nawawi menuturkan dalam manasiknya bahwa bisa sunah(bila
memotivasi) Ibnu Ibrahim al Halabi(ucapan
dan rebana) dan orang yang pertama kali menggunakannya adalah kakek Nabi Saw.
كما في
الجمل الجزء الخامسة صحيفة 36 ما نصه :
)قوله أما مع الآلة فمحرمان) وهذا ما مشى
عليه الشارح والذي مشى عليه م ر في شرحه أن الغناء تكره وعلى ما هو عليه والآلة
محرمة. ومتى اقترن بالغناء آلة محرمة فالقياس كما قاله الزركشي تحريم الآلة فقط
وبقاء الغناء على الكراهة. اهـ.
كما في
المذاهب الأربعة الجزء الثاني صحيفة 63 ما نصه :
الشافعية قال الإمام الغزالي في الإحياء
النصوص تدل على إباحة الغناء والرقص والضرب والدف واللعب بالدرق. اهـ.
Artinya : Ulama syafi’i
artinya : Imam Ghazali dalam kitab “Ihya” berkata : beberapa nash menunjukkan
diperbolehkannya lagu-lagu, joget(sekedarnya), menari, rebana, menari. (baca:
Menari Yang diperbolehkan)
كما في
إحياء علوم الدين الجزء الثاني صحيفة 270 ما نصه :
العارض الثاني في الآلة بأن تكون من شعار
أهل الشرف أو المخنثين وهي المزامير والأوتار وطبل الكوبة فهذه ثلاثة أنواع ممنوعة
وما عدا ذلك يبقى على أصل الإباحة كالدف وإن كان فيه الجلاجل وكالطبل والشاهين
والضرب بالقضيب وسائر الآلات. اهـ.
3 Comments
Click here for Comments
ReplyBOLAVITA Situs Tangkas Online Android Terpercaya * Bandar Judi Bola Tangkas Online Terbaik * Agen Tangkas Uang Asli Terbesar Indonesia * Strategi Menang Besar Judi Tangkas Online
WA: +628122222995
BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT
JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014
BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT
ReplyJADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014
Prediksi Bola Terpercaya BolavitaSport . news yang menyediakan informasi lengkap seputar olahraga sepakbola serta prediksi dan tebak skor yang akurat.
Di hari Sabtu, 23 Februari 2019 jam 02:45 waktu indonesia barat akan di selenggarakan pertandingan laga Liga Premier League pada West Ham United Versus Fulham. Laga ini nanti akan di kerjakan di Stadion Olimpiade London.
Hubungi Customer Service Kami Untuk Info Lengkap (24 Jam ) :
• BBM: B O L A V I T A
• WeChat: B O L A V I T A
• WA: +62 8 1 2- 2 2 2 2 - 9 9 5
• Line : cs_b o l a v it a
KLIK DISINI >>> http://bit.ly/2UgZNuA
ReplyMembagikan pengalaman atau pengetahuan saya mengenai jenis Ayam Bangkok, Ayam Saigon Dan Ayam Lainnya.
Untuk mempertanyakan persoalan ayam lain nya, bisa bertanya dikontak kami.
Kami tunggu kedatangan anda di kontak WA : +62812-2222-995
ConversionConversion EmoticonEmoticon