Bolehkah Mengamalkan Wirid Tanpa Guru?

Diskripsi masalah:
Ada seseorang mutholaah (mengkaji) kitab, lalu menemukan keterangan-keterangan di dalamnya seperti aurod (wirid-wirid), dzikir (pujian terhadap Alloh), doa-doa dan sesamanya. Kemudian ia ingin mengamalkannya tanpa diijazahkan (digurukan).
Pertanyaan:
1)            Bolehkah mengamalkan hal tersebut?
2)            Dan bila terpaksa mengamalkan, apakah ada manfaatnya?
Jawaban :
1)            Mengamalkan hal tersebut Boleh, apabila orang tersebut mempunyai keahlian dalam hal itu, dan ia juga mendapatkan manfaat.
Pengambilan ibarat:
·                     Zubdatul Itqon, hal. 29

Baca juga : Dalil amalan dzikir fida'

وفى زبدة الإتقان صحيفة 29، مانصه:
الاجازة من الشيخ غير شرط فى جواز التصدى للاقراء والافادة فمن علم من نفسه الاهلية جازله ذلك وان لم يجزه احد وعلى ذلك السلف والصدر الصالح، وكذلك فى كل علم وفى الاقراء وافتاء خلافا لما يتوهمه الا غبياء من اعتقاد كونها شرطا. اهـ
Artinya : Ijazah dari guru tidak menjadi syarat dalam diperbolehkan melakukan bacaan-bacaan dan apapun yang memberi faedah. Barang siapa yang mengetahui dirinya ahli, maka dia boleh melakukannya meskipun tanpa ijazah seorang pun. Ulama salaf dan orang-orang shalih terdahulu melakukan hal demikian. Begitu juga dalam setiap ilmu, bacaan-bacaan, dan fatwa. Berbeda dengan keyakinan yang mengganggap hal demikian adalah syarat yang diprasangkakan oleh "orang-orang bodoh".

Nb dari admin : Hukum di atas berlaku bagi orang yang sudah benar-benar memahami dan ahli dibidangnya. Namun di sisi lain, dalam literasi agama tersendiri seorang guru dan sanad begitu diperhatikan. Ilmu agama adalah ilmu yang rumit, tidak sebagaimana pengetahuan umum. Terkadang dalam satu kaedah yang tercantum dalam kitab bisa memasukan banyak sekali pemahaman. Maka pemahaman mana yang paling benar? Jawabannya adalah pemahaman yang sesuai dengan apa yang diajarkan guru yang sanadnya bersambung kepada pengarang kitab agama. Dikatakan, " Barang siapa yang tidak memiliki guru maka gurunya adalah setan." Juga dikatakan, "Apabila tidak ada sanad maka orang akan berkata dengan seenaknya sendiri." 

 
Previous
Next Post »

4 Comments

Click here for Comments
Marsha
admin
February 22, 2019 at 2:07 PM ×

BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT

JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014



Prediksi Bola Terpercaya BolavitaSport . news yang menyediakan informasi lengkap seputar olahraga sepakbola serta prediksi dan tebak skor yang akurat.
Di hari Sabtu, 23 Februari 2019 jam 02:45 waktu indonesia barat akan di selenggarakan pertandingan laga Liga Premier League pada West Ham United Versus Fulham. Laga ini nanti akan di kerjakan di Stadion Olimpiade London.

Hubungi Customer Service Kami Untuk Info Lengkap (24 Jam ) :
• BBM: B O L A V I T A
• WeChat: B O L A V I T A
• WA: +62 8 1 2- 2 2 2 2 - 9 9 5
• Line : cs_b o l a v it a

Reply
avatar
September 30, 2019 at 2:49 AM ×

Cara Bermain Slot The Three Stooges Ayo Daftar Sekarang Juga Dan Dapatkan Bonus Berlimpah !!!

Reply
avatar
Doyan Main
admin
May 4, 2020 at 12:49 AM ×

Main SBOBET dengan Deposit pulsa tanpa potongan???
Hanya di Winning303
mari bergabung segera bersama kami

Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

- WA : +6287785425244

Reply
avatar
moris
admin
May 23, 2020 at 2:51 AM ×

Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Reply
avatar
Thanks for your comment