Berjumpa, Cipika-Cipiki

Hasil Bahtsul Masail

Bersalaman (mushofahah) adalah sunnah kita lakukan ketika kita berjumpa dengan seseorang. Dan kerap kita temukan dalam sebuah acara, orang-orang tertentu melakukan mushofahah disertai dengan saling mencium (menempelkan pipi).

Pertanyaan :
Bagaimana hukumnya menempelkan pipi dalam kasus sebagaimana dalam latar belakang masalah ?

Jawaban :
Hukumnya ditafshil :
·                      Apabila untuk ikram, maka hukumnya sunnah.
·                      Apabila tidak ada apa-apa, maka hukumnya makruh.

Reference :
1.            Hasyiyah Syarwani : VII/208
2.            Roudlotut Tholibin : VII/28
وعباراتها‏ :
1.     كما في  حواشي  الشرواني الجزء السابع صحيفة 208 ما نصه :
وتسن مصافحة الرجلين والمرأتين نعم على ما تقدم من حرمة نظر الأمرد الجميل تحرم مصافحته لما مر أن المس أبلغ من النظر قال العبادي ويكره مصافحة من به عاهة كجذام أو برص وتكره المعانقة والتقبيل في الرأس والوجه ولو كان المقبل أو المقبل صالحا إلا لقادم من سفر أو تباعد لقاء عرفا فهما سنة ويأتي في تقبيل الأمرد ما مر ويسن تقبيل العربي ولو ولد غيره شفقة ولا بأس بتقبيل وجه الميت الصالح ويسن تقبيل يد الحي الصالح ونحوه من الأمور الدينية كعلم وشرف وزهد ويكره ذلك لغناه أو نحوه من الأمور الدنيوية كشوكته ووجاهته ثم أهل الدنيا ويكره حتى الظهر. إهـ.
Dan disunahkan bersalaman bagi dua laki-laki dan dua perempuan. Akan tetapi sebagaimana dijelaskan(haramnya melihat amrod yang tampan) juga haram bermushafahah dengannya dengan alasan menyentuhnya lebih berat dari pada melihatnya. Imam ‘ubadi berkata : dimakruhkan bersalaman dengan orang yang memiliki penyakit yang bahaya,seperti leprah dan belang. Dan makruh saling berpelukan atau mencium(jawa:nyucup) kepala dan wajah meskipun yang mencium atau yang dicium shalih kecuali karena baru datang dari perjalanan, atau lama(saling berjauhan) tidak berjumpa menurut urf. Dan mengenai amraod telah dijelaskan. Dan disunahkan mencium orang arab meskipun anak dari selainnya karena berbelas kasih. Dan tidak mengapa mencium wajah orang mati yang shalih dan disunahkan mencium tangan orang shalih yang masih hidup dan semisalnya dari urusan agama seperti karena mulnya, ilmunya, dan zuhudnya, dan makruh bila karena kekayaannya atau semua urusan dunianya seperti kekuasaannya dan jabatannya
3.      كما في  روضة الطالبين الجزء السابع صحيفة 28 ما نصه :
قال البغوي وتكره المعانقة والتقبيل إلا تقبيل الولد شفقة وقال أبو عبد الله الزبيري لا بأس أن يقبل الرجل رأس الرجل وما بين عينيه ثم قدومه من سفره أو تباعد لقائه قلت المختار أن تقبيل يد غيره إن كان لزهده وصلاحه أو علمه أو شرفه وصيانته ونحو ذلك من الأمور الدينية فهو مستحب وإن كان لغناه ودنياه وشوكته ووجاهته ثم أهل الدنيا ونحو ذلك فمكروه وقال المتولي في باب صلاة الجمعة لا يجوز وتقبيل الصغار شفقة سنة سواء ولده وولد غيره إذا لم يكن بشهوة والسنة معانقة القادم من سفر وتقبيله. إهـ.
Mencium anak-anak kecil karena belas kasihan itu sunah baik anaknya maupun anak lainnya apabila tidak syahwat. 


Previous
Next Post »
Thanks for your comment