Deskripsi
masalah:
Dalam upaya pencapaian tujuan
politik ada yang berbentuk pengerahan massa, lobi-lobi, pendekatan pejabat, dan
tokoh masyarakat, yang semua memerlukan biaya. Ada yang disebut dengan
transport, uang jasa, konsumsi, lembur dll.
Pengeluaran biaya dalam upaya
pencapaian tujuan dimaksud mungkin berupa gaji tetap (sudah menjadi
profesinya), tambah uang lembur, atau pemberian yang sama sekali tidak pernah
dilakukan kecuali pada waktu ada tujuan tersebut.
Pertanyaan :
a.
Sampai di manakah batasan money
politik menurut ketentuan syariat Islam, apakah cara-cara di atas dapat
dikategorikan money politik (haram) ?
b.
Bolehkah money politik itu
dilakukan dengan dalih demi menegakkan kebenaran, dan kebenaran yang bagaimana
itu ?
c.
Bagaimana status hukumnya hasil
dari tujuan (gaji/honor) yang dilakukan dengan cara money politik yang dilarang
(haram) ?
Jawaban:
a.
Batas money politik (risywah)
menurut syariat Islam adalah pemberian sesuatu untuk membatalkan yang hak dan
membenarkan yang batil. Adapun pemberian dengan cara-cara di atas ada yang
masuk bagian money politik seperti memberi kepada seseorang untuk memilih orang
yang tidak boleh dipilih, ada yang tidak masuk katagori money politik seperti
beberapa contoh di atas, transport dan lain-lain.
b.
Money politik (risywah) itu tidak
boleh kecuali bila untuk menegakkan kebenaran maka itu boleh bahkan bisa jadi
wajib seperti; ada dua calon, yang satu fasik money politik dan yang lain adil
tanpa memberi uang tidak bisa jadi. Adapun bagi penerima, mutlak tidak boleh.
c.
Setatus hukum hasil dari tujuan (gaji/honor)
yang dilakukan dengan cara money politik yang dilarang itu ditafsil:
1.
Jika tidak mampu atau tidak
melakukan pekerjaan sesuai dengan tugasnya, maka haram.
2.
Jika benar-benar mampu dan
megerjakan sesuai dengan tugasnya, maka hukumnya halal.
Referensi:
a.
Al-Ta’rifat, 109
b.
Tuhfat al-Ahwadzi Bi Sharh Jami’ al-Tirmidzi (قوله لعن من أبواب الربا)
c.
Fath al-Bari, 5/271, Dar al-Salam
d.
Hasyiyah al-Bajuri, 2/111
e.
Kifayah al-Akhyar, 2/261-262
f.
Hasyiyah al-Bajuri, 2/336 (قوله فإن تعين)
1.
التعريفات 109
الرشوة ما يعطى لإبطال حق او لإحقاق باطل اهـ
2.
تحفة الأحواذ ي بشرح جامع الترمذي
(وله
لعن رسول الله صلعم الراشي والمرتشي في الحكم ) زاد في حديث ثوبان والرائش يعني
الذي يمشي بينهما رواه أحمد قال إبن الأثير في النهاية الرشوة والرشوة الواصلة إلى
الحاجة بالمصانعة واصله من الرشى الذي يتوصل به الى الماء فالراشي من يعطي الذي
يعينه على الباطل . والمرتشي الأخذ والرائش الذي يسعى بينهما يستزيد لهذا او
يستنقص لهذا الخ......
3.
فتح الباري 5/271
وأما الثاني فإن كان لمعصية فلا يحل وهو الرشوة وإن كان لطاعة فيستحق
وان كان لجائز فجائز لكن إذا لم يكن المهدى له حاكما والإعانة لدفع مظلمة او ايصال
حق فهو جائز ولكن يستحب له ترك الأخذ وإن كان حاكما فهو حرام أهـ ملخصا.
4.
الباجوري 2/111
ويحرم عليه قبول الرشوة وهي مايبذل للقاضي ليحكم بغير الحق او ليمتنع
من الحكم بالحق "لخبرلعن الله الراشي والمرتشي في الحكم" واما لو دفع له
شيأ ليحكم له بالحق فليس من الرشوة المحرمة لكن الجواز من جهة الدافع لا من جهة
اللآخذ اهـ
5.
كفاية الأخيار 2/261-262
واعلم أن الهدية لغير الحكام كهدايا
والرعايا بعضهم لبعض إن كانت لطلب محرم او اسقاط حق او إعانة علىظلم حرم القبول
والشفاعة اهـ
6.
حاشية الباجوري 2/336
قوله (فإن تعين على شحص لزمه طلبه) اي ان لم يوله الإمام ابتداء
ويلزمه طلبه ولو علم عدم الإجابة على الراجج ويلزمه طلبه وقبوله ولو ببذل مال او
خاف من نفسه الميل اهـ
ConversionConversion EmoticonEmoticon